Tuesday 20 March 2018

Membaca, Memperbaiki Psikologi


Kita semua tau bahwa membaca dapat memperluas pengetahuan kita. Membaca adalah salah satu sumber bagi kita untuk memperoleh pengetahuan dan informasi tentang berbagai hal. Kegiatan membaca dapat dilakukan oleh siapapun dari anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan nenek2, asalkan mereka tau caranya membaca. Namun tidak semua orang suka membaca sejak lahir.

Kegiatan membaca sebenarnya adalah hal yang sangat menyenangkan, namun bagi sebagian orang yang memang dak suka membaca, kegitan ini adalah hal yang sangat membosankan. Bahkan ada sebagian orang yang baru membaca beberapa paragrap saja sudah merasakan kantuk yang luar biasa. Orang yang malas membaca bisa saja dilatih  menjadi rajin membaca, dan dalam proses latihan tersebut otaknya akan berubah. Dalam enam bulan menjalani program Caregie Mellon, para ilmuan menemukan bahwa volume pada materi putih yang ada pada language area di otak menjadi meningkat. Lebih jauh lagi mereka menunjukkan bahwa struktur otak bisa berkembang melalui latihan ini.

Jadi bagi kalian yang tidak suka membaca bisa saja melatih otak sehingga bisa suka membaca.

Selama ini yang kita tau manfaat membaca, ya jelas untuk menambah pengetahuan. Tapi taukah kalian, bahwa manfaat membaca tidak hanya sebatas itu saja. Membaca dapat memberikan dampak yang besar terhadap perbaikan psikologis.

Berikut adalah bagaimana membaca dapat benar-benar memperbaiki keadaan psikologis.

1.    Menstimulasi mental

Otak manusia adalah organ yang sangat penting, semua kegitan tubuh manusia dijalankan oleh otak. Sama seperti bagian tubuh yang lain, untuk dapat tetap sehat dan memperkuat fungsinya, otak juga membuthkan latihan. Membaca buku adalah latihan yang sangat efektif bagi otak, dapat merangsang memori otak agar memiliki daya ingat yang baik serta mencegah penyakin alzheimer dan demensia.

2.    Mengurangi stress

Ini adalah manfaat nyata yang pernah saya  rasakan, membaca benar-benar dapat mengurangi stress dan meningkatkan semangat, membangun pandangan lain tentang hidup secara positif. Dengan membaca, pikiran menjadi lebih santai, meberi kedamaian batin. Kegiatan membaca dapat menurunkan tekanan darah dan terbukti dapat memperbaiki mood/menstabilkan suasana hati dan mengatasi penyakit mental ringan.

Pastikan untuk membaca topik-topik yang disukai atau buku-buku yang memberikan inspirasi dan motivasi.

3.    Meningkatkan konsentrasi

Membaca dapat melatih fokus, cobala membaca 15 sampai 20 menit setiap hari dan rasakan perbedaannya. Orang yang membaca 15 sampai 20 menit perhari akan lebi fokus dalam mengerjakan setiap pekerjaannya, karena sudah terlatih fokus dengan kegiatan membaca tersebut. cobalah buktikan!

4.    Mebuka pikiri, mampu berfikir open minded

Seseorang yang sering membaca buku dapat mempengaruhi psikologinya untuk lebih bisa berfikiran terbuka. Dari hal-hal baru kita dapat menemukan hal-hal baru dan berbeda-beda yang dapat kita terima, sehingga kita bisa berfikiran terbuka /open minded, bukannya hanya terkurung dalam suatu pemikiran saja.

Seperti itulah manfaat besar membaca bagi keadaan psikologis manusia, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak suka membaca. Semoga kegiatan membaca yang kita lakukan dapat memberi ketenangan dan inspirasi serta motivasi sehingga kita bisa menjadi pribadi yang produktif nantinya.
Load disqus comments

0 comments