Thursday 8 March 2018

Cara Menulis Skripsi Dengan Tepat dan Bijak

(Lancar Menyusun Skripsi)


Untuk kamu para mahasiswa tingkat akhir... sudah barang tentu akan dihadapkan dengan yang namanya  “MENULIS SKRIPSI” atau  mungkin bagi jurusa-jurusan tertentu disebut sebagai “TUGAS AKHIR”. Dalam prosesnya saya yakin bahwa hampir semua dari kalian akan merasa Despair atau putus asa, setidaknya pada titik-titik tertentu ditengah proses penyusunan skripsi. Banyak kesulitan yang akan dihadapi diantaranya kesulitan mencari literatur, dana yang terbatas, tidak terbiasa menulis (karya ilmiah), kurang terbiasa dengan sistem kerja terjadwal yang ketat, bermasalah dengan dosen pembimbing, kurangnya kemampuan dalam bidang tulis menulis, kurangnya kemampuan akademik, dan yang paling lucu adalah mahasiswa tidak tertarik terhadap penelitiannya sendiri ( LOL  ). Dengan begitu banyaknya kesulitan-kesulitan tersebut tidak sedikit mahasiswa yang gagal dalam menyelesaikan Skripsinya karena tidak dapat menanggung stress, rendah diri, frustasi, dan kehilangan motivasi.

Jangan khawatir kawan..........!
Semua kesulitan-kesulitan tersebuat akan dapat kalian atasi dengan tips menulis skripsi secara bijak yang akan saya bagikan, asalkan kalian bersungguh-sungguh dan yakin. Sebelum saya membagikan tips penting ini, ada beberapa kata motivasi bagi kamu yang sedang lelah dalam menyusun skripsi atau bahkan lelah mikirin skripsi yang belum mulai ditulis (LoL).

“ seorang pemenang tidak pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang”
“Your future is created by what you do TODAY not TOMORROW”
“Sesungguhnya Tuhan bersama Mahasiswa2 tingkat akhir”


Baiklah semoga kata-kata motivasi tersebut cukup untuk BOOSTING semangat kalian untuk membaca Tips-tips berikut ini. Bagi kalian yang akan menyusun atau sedang menyusun Skripsi pastikan kalian menjadi penulis Skripsi yang bijak kawan, perhatikan tips berikut ini:
1.    Cari judul yang Kalian Minati
Saya rasa sudah cukup jelas bahwa kalian harus mengambil judul yang sesuai dengan concern dan Interest kalian apalagi jika kemampuan akademik kalian kurang. Jika kalian tidak punya ketertarikan akan judul yang kalian ambil, maka sedikit saja kendala di tengah proses penulisan skripsi akan dapat menghentikan seluruh penelitian kalian. Sangat disayangkan bukan, jadi lebih baik jangan nekad kecuali kalian memang super nekad.
2.    Carilah Literatur terlebih dahulu
Sebelum kalian memutuskan untuk mengajukan suatu judul, alangkah baiknya kalian mencari literatur terlebih dahulu menyangkut judul yang akan kalian teliti. Karena berdasarkan pengalaman saya pribadi, sudah barang pasti kalian akan dihadapkan dengan rentetan pertanyaan dosen pembimbing terkait judul yang akan diambil sebelum beliau mempertimbangkan kemudian menyetujui judul kalian. Jangan semata-mata karena kalian tertarik dengan judul tersebut lalu asal-asalan mengajukan judul, contohnya kalian sangat tertarik dengan keberadaan alien, lalu kalian ingin meneliti keturunan yang dihasilkan dari pernikahan alien dengan monyet, lebih baik kalian refreshing dulu kawan (LOL). Intinya, cari judul yang ada referensinya untuk diteliti.
3.    Pastikan penelitian kalian mengandung masalah
Maksud dari penelitian mengandung masalah di sini adalah, penelitian kalian harus memiliki suatu pokok permaslahan yang akan diselesaikan. Dengan adanya suatu permasalahan akan membantu anda dalam menyusun kerangka berfikir anda dan juga kerangka karya tulis anda dari pendahuluan, rumusan masalah, isi pembahasan, sampai dengan kesimpulan, dan saran. Contohnya anda ingin membahas tentang maslah perdagangan manusia, maka kalian akan meneliti kenapa bisa terjadi perdagangan manusia, dan membahas tentang bagaimana terjadinya, siapa subyek atau pelakunya, dan nanti pada akhirnya akan menemukan jawaban dari rumusan masalah setelah melakukan penelitian dari berbagai literatur atau bahkan dari sumber conkret. Jika penelitian anda tidak mengandung masalah dan sudah mempunyai jawaban yang jelas, maka itu bukanlah suatu penelitian tapi rangkuman (LOL).
4.    Baca panduan penulisan skripsi
Setiap Perguruan Tinggi pasti memiliki buku panduan dalam penulisan skripsi. Sebelum kalian menulis skripsi, pastikan membaca buku panduan yang diberikan. Karena dalam penulisan karya ilmiah bukan hanya isi yang diperhatikan, tetapi juga tata tulisnya harus rapi sesuai EYD dan tentunya menggunakan bahasa yang baik dan benar (baku), bukannya bahasa gaul ba’ menulis novel. Jika tidak lembaran demi lembaran skripsi kalian bisa dijadikan kanvas lukis atau kertas orek-orek oleh dospemb kalian.
5.     Memperhitungkan waktu
Dalam penulisan Skripsi, tenggat waktu harus dipertimbangkan. Sudah jelas bahwa penulisan skripsi diberikan batasan waktu tertentu, dari penulisan proposal penelitian sampai penelitian dan seminar skripsi. Belum lagi batas-batas waktu yang diberikan oleh dosen untuk melakukan konsultasi. Bagi kalian yang jarang tepat waktu, sebaiknya mulai membiasakan diri dan jangan menunda-nunda pekerjaan. Dengan begitu skripsi kalian akan dapat diselesaikan dengat tepat waktu dan sesuai harapan.
6.    Berhubungan baik dengan dosen pembimbing
Ini bisa jadi salah satu unsur yang paling penting bagi kalian, karena hubungan baik dengan dospem kalian sudah jelas akan sangat membantu dalam penyusunan skripsi. Tidak jarang saking baiknya hubungan kalian, dospem rela ikut berfikir keras dalam penyusunan skripsi kalian, dan memberi masukan-masukan yang on point dan sangat berguna bagi penelitian kalian.
7.    Kalian jangan lupa bedo’a...!! karena kita hanya bisa merencanakan dan tuhan yang menentukan

Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat bagi para pejuang Skrispi. KEEP CALM AND TUGAS AKHIR PASTI KELAARR.






Load disqus comments

0 comments